Tangerang (02/05)—Pada hari Kamis, 2 Mei 2024, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) telah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional dan Awal Bulan. Upacara dilaksanakan di Lapangan Kampus STMKG yang berada di Tanah Tinggi, Tangerang pada pukul 07.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Munawar selaku inspektur upacara serta jajaran pembina, dan diikuti oleh seluruh taruna/i STMKG. Upacara peringatan ini tidak hanya menjadi momentum untuk mengenang perjuangan para pahlawan pendidikan, tetapi juga sebagai ajang untuk memperkuat semangat kebersamaan dalam memajukan dunia pendidikan.

Dokumentasi Munawar selaku inspektur upacara

Sumber: Alensa STMKG

Dalam amanatnya, Munawar menyampaikan pesan dari Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi mengenai semangat menyemarakkan perjuangan dalam memajukan pendidikan di Indonesia. Meskipun dalam beberapa tahun terakhir ini pandemi mengubah secara drastis proses belajar mengajar, namun hal ini juga memberi kesempatan bagi sektor pendidikan untuk mengakselerasikan perubahan. Alhasil dampak positif dari perubahan ini sudah mulai terlihat, seperti meningkatnya rasa merdeka belajar di kalangan siswa, keberanian guru untuk mencoba hal baru, dan kesiapan mahasiswa untuk berkarya di luar kampus.

Hal ini selaras dengan visi dan misi STMKG yang mendorong taruna/i nya untuk mewujudkan moto Center of Excellence di lingkungan kampus. Sebagai bukti nyata, STMKG dengan kampus barunya telah meraih gelar Green Campus atau Kampus Hijau yang menegaskan komitmennya dalam memajukan pendidikan yang berkelanjutan dan ramah lingkungan. Dengan langkah-langkah nyata tersebut, kampus STMKG turut berperan dalam menciptakan wajah baru pendidikan yang progresif di Indonesia. Melalui momentum Peringatan Hari Pendidikan Nasional ini, STMKG mengajak kepada seluruh civitas academica untuk bersama-sama menjaga semangat perubahan dan inovasi dalam pendidikan.

Pasukan pengibar sang merah putih oleh Pasukan Khusus STMKG

Sumber: Alensa STMKG

Secara keseluruhan, upacara peringatan ini berjalan dengan khidmat dan lancar. Melalui serangkaian kegiatan ini, diharapkan kesadaran akan pentingnya pendidikan yang semakin ditingkatkan bagi seluruh taruna/i STMKG. Upacara peringatan ini menjadi kesempatan yang penting dalam merajut kebersamaan dalam menghadapi berbagai tantangan untuk kedepannya. Dengan tekad yang kuat, maka STMKG dapat mengupayakan pendidikan yang progresif bagi taruna/i nya sehingga dapat mewujudkan kampus STMKG Center of Excellence.

Pewarta: Muhammad Zaky Arkananta dan Fitra Ananda Syahputra

Editor: Salsabila Nurul Izzah dan Marzuki Sinambela