Tangerang Selatan (02/02)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) mengadakan international workshop yang bekerja sama dengan The National Science and Technology Center for Disaster Reduction (NCDR) Taiwan dengan mengangkat tema International Workshop on Smart Disaster Sensor Network. Kegiatan ini dilaksanakan pada hari Jumat, 2 Februari 2024 secara hybrid di Ruang Kuliah Umum STMKG dan Zoom virtual meeting. Kegiatan ini dihadiri oleh pejabat BMKG beserta jajaranya, Plt. Ketua STMKG, pejabat dan pembina STMKG, delegasi NCDR, taruna/i STMKG serta beberapa pihak yang bekerja sama dengan BMKG. 

Serah terima cinderamata antara STMKG dengan NCDR

Sumber: Alensa STMKG

Kegiatan international workshop kali ini merupakan implementasi dari tri dharma perguruan tinggi berupa pengabdian kepada masyarakat serta bagian dari program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di lingkungan kampus STMKG. Kegiatan ini dimulai dengan sambutan dan pembukaan oleh Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG serta Hongey Chen selaku Direktur NCDR. Dalam sambutanya, Hongey Chen menyampaikan bahwa Indonesia dan Taiwan memiliki beberapa masalah yang sama terkait kebencanaan, terutama bencana geo-hidrometeorologi seperti gempa bumi dan cuaca ekstrim sehingga diharapkan STMKG dan BMKG dapat bekerja sama dengan NCDR dalam pengembangan jaringan peringatan dini bencana. Selain itu, kegiatan dilanjutkan dengan penyerahan cendramata antara pihak STMKG dengan NCDR.

Foto bersama kegiatan international workshop antara STMKG dengan NCDR

Sumber: Alensa STMKG

Kegiatan dilanjutkan dengan kegiatan inti dari international workshop, yakni pemaparan materi dari delegasi NCDR. Pemaparan materai ini terbagi menjadi dua sesi yang dimulai dengan pembahasan tentang specific early warning for geo hydro meteorological disaster dan kemudian dilanjutkan dengan information dissemination and system integration in early warning system. Pada sesi pertama yang dibawakan oleh Yih-Min Wu, Yi-Chiang Yu, dan Wei-Sen Li membahas tentang pengembangan jaringan peringatan dini bencana geo-hidrometeorologi berbasis intelligence, terutama bencana gempa bumi dan cuaca ekstrim. Selain itu, sesi kedua dibawakan oleh Tzu-Zin Chang dan Wen-Jui Su membahas tentang pengembangan layanan siaran seluler dan integrasi diseminasi informasi dalam peringatan dini bencana geo-hidrometeorologi.

Secara umum, kegiatan ini disambut dengan antusias yang baik oleh semua peserta yang hadir. Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG berharap dengan adanya kegiatan international workshop bersama NCDR dapat mempererat hubungan internasional di lingkungan STMKG serta mendorong pengetahuan dan keilmuan dalam pengembangan jaringan peringatan dini bencana geo-hidrometeorologi di STMKG dan BMKG. Diharapkan semoga kedepanya lebih banyak kegiatan kerja sama internasional lainnya yang diadakan di lingkungan STMKG untuk mencapai STMKG sebagai center of excellence.

Pewarta: Muhizzadin Abdul Adzan dan Rayhan Rafi

Editor: Hanifullah Hafidz Arrizal dan Marzuki sinambela