Tangerang (06/06)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) mengadakan kuliah umum dengan tema “Pengelolaan Keuangan Negara Sebagai Bagian Kegiatan Anti Korupsi” pada Kamis, 6 Juni 2024 di Ruang Kuliah Umum (RKU) STMKG. Kuliah umum ini mendatangkan narasumber dari lembaga Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), Nyoman Adhi Suryadnyana selaku Anggota I BPK. Acara ini dihadiri oleh Dwikorita Karnawati selaku Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Suko Prayitno Adi selaku Ketua STMKG, para pejabat dan tamu BMKG,  dosen STMKG, serta taruna/i STMKG. Kuliah umum ini bertujuan untuk meningkatkan peserta tentang implementasi pendidikan anti korupsi dalam lingkungan kerja sehari-hari.

Kepala BMKG, Dwikorina Karnawati bersama  Nyoman Adhi Suryadnyana selaku Anggota I BPK dan Suko Prayitno Adi selaku Ketua STMKG

Sumber : Alensa

Acara dibuka dengan kata sambutan oleh Kepala BMKG, Dwikorita Karnawati untuk para tamu yang telah hadir. Dalam sambutannya, Kepala BMKG mengharapkan para peserta bisa memahami bahwa pentingnya pengelolaan keuangan yang baik untuk mencapai kinerja organisasi atau lembaga yang baik. Beliau juga menaruh perhatian pada perubahan iklim yang ekstrim dalam beberapa tahun ke belakang yang sangat memprihatinkan.

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Nyoman Adhi Suryadnyana selaku Anggota I BPK. Pemaparan materi diawali dengan penjelasan tentang bagaimana BPK bekerja dan penegasan bahwa BPK sebagai salah satu lembaga di Pemerintahan Indonesia bertugas untuk memeriksa keuangan namun bukan untuk membayar kerugian negara. Beliau juga menekankan bahwa sebuah organisasi atau badan akan berjalan sesuai dengan visi misi organisasi jika adanya perencanaan anggaran yang baik dan teliti.

Sebagai salah satu badan penting yang dimiliki oleh negara, BMKG perlu memiliki pengelolaan anggaran yang baik untuk mendukung BMKG menjadi leading sektor di sektor pertanian dan kelautan. Selain itu, beliau juga menjelaskan tentang beberapa pelanggaran pengelolaan keuangan, khususnya korupsi secara mendetail. Pada sesi diskusi, para peserta baik dari tamu ataupun taruna/i aktif bertanya dan berhasil membangun suasana yang kondusif.

Dokumentasi bersama peserta kuliah umum

Sumber : Alensa

Secara keseluruhan, kuliah umum ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Diharapkan dengan adanya kuliah umum ini, BMKG sebagai salah satu badan penting negara bisa mewujudkan pengelolaan anggaran yang baik dan bisa menjadi jembatan ilmu para peserta, khususnya taruna/i sebagai calon pemimpin bangsa untuk membangun Indonesia yang bebas korupsi.

Pewarta: Martha Lisauli Rajagukguk dan Muhammad Subhan An-Nizami

Editor: Hanifullah Hafidz Arrizal dan Marzuki Sinambela