Tangerang Selatan (11/01)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) telah menerima kunjungan ilmiah dari Program Studi Fisika, Fakultas Teknik dan Sains, Universitas Nasional (UNAS) pada hari Kamis, 11 Januari 2024. Acara ini dihadiri oleh Ketua Program Studi (Kaprodi) Fisika Universitas Nasional, Ari Mutanto, beserta dengan 3 dosen dan 25 mahasiswa. Hadir juga dalam kunjungan ilmiah ini yaitu Pembantu Ketua I, Pembantu Ketua II, serta Kaprodi Bidang Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi-MKG. Kunjungan ilmiah dari UNAS ini bertujuan untuk mengenal lebih dekat lingkungan akademis yang ada di STMKG. Selain itu, kunjungan ilmiah ini juga merupakan upaya tindak lanjut atas kerja sama yang telah dibangun antara STMKG dan UNAS. 

Foto bersama antara pihak STMKG dengan Universitas Nasional

Sumber: Alensa STMKG

Bertempat di gedung rektorat STMKG, kunjungan ilmiah dimulai dengan sambutan dari Darwin Harahap selaku Pembantu Ketua I. Beliau berharap kunjungan ilmiah ini dapat mempererat hubungan kerja sama yang telah dibangun oleh STMKG dan Universitas Nasional serta dapat memberikan kontribusi positif pada perkembangan akademis antara STMKG dan juga Universitas Nasional. Harapan tersebut disambut dengan hangat oleh Kaprodi Fisika UNAS, Ari Mutanto, yang juga berharap agar kerja sama ini dapat terus berlangsung di masa yang akan datang. Setelah itu, kegiatan berlanjut dengan pemaparan materi tentang program studi yang disampaikan secara langsung oleh masing-masing Kaprodi. Materi yang disampaikan meliputi pengenalan singkat serta pencapaian dan prestasi masing-masing prodi dalam kontribusinya bagi STMKG.

Selain berlangsung di gedung rektorat, para mahasiswa dan dosen juga berkesempatan untuk berkeliling dan mengunjungi taman alat serta laboratorium-laboratorium yang ada di STMKG. Di dalam tiap laboratorium, terdapat Kepala Unit Laboratorium dan taruna/i STMKG yang bertugas untuk menjelaskan kegunaan dari setiap alat yang ada. Melalui interaksi ini, mahasiswa UNAS dapat bertanya dan memahami secara langsung berbagai macam peralatan dan fasilitas di bidang Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi-MKG. Kesempatan ini tidak hanya memberikan pengalaman praktis kepada mahasiswa UNAS, tetapi juga dapat memperluas wawasan mereka dalam pengenalan alat-alat yang mendukung perhitungan dan pengamatan di STMKG.

Pengenalan taman alat kepada mahasiswa Universitas Nasional

Sumber: Alensa STMKG

Secara keseluruhan, kunjungan ilmiah dari Universitas Nasional ini berlangsung dengan lancar dan kondusif dari awal hingga berakhirnya acara. Baik mahasiswa maupun dosen dari UNAS  merasa antusias atas kunjungannya ke STMKG. Antusiasme ini tampak dalam diri mahasiswa UNAS ketika melihat secara langsung peralatan dan fasilitas yang disediakan di berbagai laboratorium yang ada di STMKG. Diharapkan, kunjungan ilmiah ini dapat memberi manfaat yang berkelanjutan dalam kerja sama antara STMKG dan Universitas Nasional di masa yang akan datang.

Pewarta: Muhammad Zaky Arkananta dan Rifat Agus Taufik

Editor: Joseph Damian Cekarus dan Marzuki Sinambela