Tangerang Selatan (05/02)—Pada hari Senin, 5 Februari 2024, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) secara resmi melantik taruna/i Angkatan 2023 Ashgaraksa Bumantara. Prosesi pelantikan ini merupakan rangkaian lanjutan dari kegiatan penyematan Angkatan 2023 yang telah berlangsung pada 30 Januari 2024 lalu di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran Resimen Induk (Dodiklatpur) Rindam Jaya Bogor. Kegiatan pelantikan ini menandai awal dari perjalanan yang panjang bagi taruna/i dalam menempuh pendidikan di STMKG. Dengan berlangsungnya rangkaian penyematan dan pelantikan ini, maka Angkatan 2023 telah resmi dilantik dari calon taruna/i (catar) menjadi taruna/i tingkat satu di STMKG.

Penyematan atribut oleh Maman Sudarisman kepada perwakilan catar

Sumber: Alensa STMKG

Prosesi pelantikan diadakan di tengah pelaksanaan kegiatan upacara awal bulan dengan perwakilan satu orang taruna dan taruni dari Angkatan 2023. Maman Sudarisman selaku inspektur upacara memasangkan atribut kepada tiap perwakilan sebagai simbolis telah resminya calon taruna/i dilantik menjadi taruna/i tingkat satu STMKG. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pengucapan janji taruna yang diikuti oleh seluruh taruna/i tingkat satu. Pengucapan janji taruna ini menjadi bentuk komitmen mereka untuk selalu menjalankan tugas dan tanggung jawab selama menjadi taruna/i STMKG dengan integritas dan dedikasi yang tinggi.

Setelah prosesi pelantikan selesai dilaksanakan, upacara dilanjutkan dengan amanat oleh inspektur upacara. Amanat dibuka dengan kata selamat kepada Angkatan 2023 yang telah selesai menjalani prosesi penyematan dan pelantikan. Dalam amanatnya, beliau menekankan pentingnya semangat kebersamaan, disiplin, dan dedikasi dalam meniti perjalanan pendidikan mereka. Beliau juga berpesan kepada seluruh Ashgaraksa Bumantara bahwa perjalanan ini hanyalah awal dari tantangan yang lebih besar di masa depan, dan beliau yakin bahwa mereka mampu menjalani setiap tahap pendidikan di STMKG selama tetap berpegang teguh pada nilai-nilai yang terkandung di dalam janji taruna.

Upacara kemudian ditutup dengan meriah oleh penampilan yel-yel dari Angkatan 2023. Yel-yel tersebut bukan hanya menjadi hiburan semata, tetapi juga menunjukkan semangat kekompakan dan kegembiraan yang tercermin dalam diri mereka. Penampilan yel-yel ini dilakukan dengan penuh antusiasme oleh seluruh Angkatan 2023 yang telah resmi dilantik. Selain itu, penampilan ini merupakan cerminan dari hasil pendidikan karakter yang telah mereka jalani selama satu semester ini.

Penampilan yel-yel oleh Angkatan 2023 Ashgaraksa Bumantara

Sumber: Alensa STMKG

Secara keseluruhan, upacara dan prosesi pelantikan telah berjalan dengan khidmat dan lancar. Kesuksesan upacara pelantikan ini tidak hanya dirayakan oleh taruna/i tingkat satu yang baru  saja dilantik, tetapi juga oleh seluruh taruna/i STMKG yang turut merasakan kebahagiaan atas hadirnya keluarga baru dalam civitas academica STMKG. Terlaksananya rangkaian kegiatan penyematan dan pelantikan ini diharapkan menjadi langkah awal bagi Angkatan 2023 Ashgaraksa Bumantara untuk dapat memulai jejaknya dalam menjalani kehidupan sebagai bagian dari taruna/i STMKG.

Pewarta: Muhammad Zaky Arkananta dan Muhammad Nur Hasan Wirangi

Editor: Salsabila Nurul Izzah dan Marzuki Sinambela