Jakarta (18/12)—Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) dan Universitas Nasional (UNAS) memperkuat kerja sama di bidang penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), dan Kampus Merdeka. Kerja sama ini ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) di Ruang Seminar UNAS, Lantai 3, Kampus Ragunan, Universitas Nasional, Jakarta. Penandatanganan MoU dilakukan oleh Plt. Ketua STMKG, Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si., dan Pembantu Rektor Bidang PPMK UNAS, Prof. Dr. Ernawati Sinaga, M.S., Apt. Hadir dalam acara tersebut, Dekan Fakultas Teknik dan Sains (FTS) UNAS, Novi Azman, S.T., M.T., Ph.D., dan Dekan Fakultas Biologi dan Pertanian (FBP) UNAS, Dr. Tatang Mitra Setia, M.Si.

Dokumentasi Plt. Ketua STMKG bersama Pembantu Rektor Bidang PPMK UNAS

Sumber : dokumentasi pribadi

Dalam sambutannya, Suko mengatakan bahwa kerja sama ini merupakan upaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan penelitian di kedua institusi. Kerja sama antara kedua institusi ini menandai sebuah komitmen mendalam dalam meningkatkan kontribusi ilmiah, terutama dalam konteks Tridarma Perguruan Tinggi. Penelitian bersama di bidang Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika akan memperkuat pemahaman terhadap fenomena alam, memberikan dampak positif pada pengembangan ilmu pengetahuan. Lebih dari sekadar pemahaman akademis, kerja sama ini juga mencakup pelaksanaan PKM, menegaskan peran aktif kedua institusi dalam menyebarkan pengetahuan dan manfaatnya kepada masyarakat.

Program Kampus Merdeka menjadi wahana untuk mengembangkan dimensi lebih luas dalam kerja sama ini. Termasuk program magang, pertukaran pelajar, dan riset bersama, hal ini tidak hanya memperkaya pengalaman akademis mahasiswa, tetapi juga membentuk sinergi yang erat antara dunia pendidikan dan industri. Dengan fokus kuat pada pelaksanaan Tridarma Perguruan Tinggi, kerja sama ini memastikan bahwa pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dilaksanakan secara komprehensif, menciptakan dampak positif yang berkelanjutan.

Dokumentasi perwakilan STMKG bersama mahasiswa UNAS

Sumber : dokumentasi pribadi

Setelah penandatanganan MoU antara kedua institusi, Plt. Ketua STMKG memberikan kuliah umum tentang Komunikasi Bencana di Era Digital. Kuliah umum ini dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari UNAS, menciptakan sebuah forum ilmiah yang mendalam dalam konteks kerjasama yang baru saja dijalin. Dalam kuliah umum tersebut, Plt. Ketua STMKG memberikan wawasan mendalam mengenai pentingnya komunikasi dalam menghadapi situasi bencana, terutama di era digital yang kini begitu berpengaruh. Materi tersebut tidak hanya membahas aspek teknis komunikasi, tetapi juga menyoroti peran teknologi informasi dan media sosial dalam menyebarkan informasi bencana secara efektif. Hal ini memberikan wawasan yang berharga bagi dosen dan mahasiswa kedua institusi, yang kemudian dapat diaplikasikan dalam konteks riset, pembelajaran, dan pengabdian kepada masyarakat.

Dokumentasi Plt. Ketua STMKG memberikan kuliah umum tentang komunikasi bencana di era digital

Sumber : dokumentasi pribadi

Secara keseluruhan, kerja sama ini mencerminkan komitmen kedua institusi untuk meningkatkan mutu pendidikan, kontribusi ilmiah, dan pengembangan sumber daya manusia. Dengan menggabungkan kekuatan di bidang penelitian, pengabdian masyarakat, dan program Kampus Merdeka, diharapkan kerja sama ini akan membawa dampak positif yang signifikan dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat pada umumnya.

Pewarta           : I Putu Putra Wira Sarwa Yudha

Editor              : Marzuki Sinambela