Mataram  (27/12)—Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) dan Universitas Mataram (UNRAM) sepakat menandatangani Perjanjian Kerjasama  di bidang Pemanfaatan Sarana dan Prasarana, Pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi, dan Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka. Penandatanganan perjanjian tersebut dilakukan di Ruang Sidang Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Mataram, Mataram, Nusa Tenggara Barat. Perjanjian Kerjasama ini ditandatangani oleh Plt. Ketua STMKG, Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si., dan Dekan FMIPA UNRAM, Dr. Rahadi Wirawan, S.Si., M.Si., sebagai perwakilan masing-masing lembaga.

Proses penandatanganan perjanjian kerjasama STMKG-UNRAM

Penyerahan plakat dan kenang-kenangan

Dalam acara tersebut, Plt. Ketua STMKG didampingi Kepala Stasiun Meteorologi, Kepala Stasiun Klimatologi dan Kepala Stasiun Geofisika Mataram, Pembantu Ketua III Bidang Ketarunaan STMKG, Puji Ariyanto, M.Si dan Kepala Unit Satuan Penjaminan Mutu STMKG, Rista Hernadi Virgianto, M.Sc. Dekan FMIPA UNRAM didampingi Para Wakil Dekan, Para Kaprodi, Kepala Laboratorium, dan Dosen di lingkungan Fakultas MIPA Universitas Mataram turut hadir sebagai saksi serta menyaksikan momen bersejarah ini. Dalam sambutannya, Dekan FMIPA, Rahadi Wirawan, menyatakan apresiasinya terhadap kerjasama ini dan berharap dapat memberikan dampak positif bagi pengembangan pendidikan dan penelitian di kedua lembaga. “Kami berharap kerjasama ini tidak hanya memperkaya pengalaman akademis, tetapi juga mendorong inovasi dan kolaborasi di antara mahasiswa dan staf pengajar,” ucap Rahadi.

Sambutan dari Plt. Ketua STMKG, Dr. Suko Prayitno Adi, M.Si

Plt. Ketua STMKG, Suko Prayitno Adi, dalam sambutannya menyampaikan bahwa kerjasama ini tidak hanya terbatas pada pemanfaatan sarana dan prasarana, melainkan juga mencakup aspek penting lainnya seperti pengajaran, kuliah umum, pembimbingan bersama, dan kolaborasi riset di bidang meteorologi, klimatologi, dan geofisika. “Dengan penandatanganan kerjasama ini, kita harapakan dapat segera diimplementasikan dalam wujud kegiatan nyata sehingga dapat menciptakan lingkungan akademis yang kondusif dan mendukung pengembangan potensi dosen, mahasiswa serta peningkatan mutu dan akreditasi Program Studi maupun Perguruan Tinggi di kedua belah pihak,” sebutnya.

Kerjasama ini juga sejalan dengan semangat Program Merdeka Belajar Kampus Merdeka, di mana mahasiswa diharapkan dapat mengikuti kegiatan-kegiatan yang sesuai dengan minat dan bakat mereka, seperti magang, penelitian bersama, dan proyek kolaboratif.

Foto bersama para pejabat dan dosen STMKG dan FMIPA UNRAM

Harapannya, kesepakatan ini akan memberikan manfaat nyata tidak hanya bagi kedua lembaga pendidikan, tetapi juga untuk perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi, dan masyarakat khususnya di Nusa Tenggara Barat. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan tercipta juga lingkungan akademis yang berdaya saing tinggi dan berkontribusi positif bagi pemahaman dan penanganan berbagai fenomena alam di Indonesia.

Pewarta           : Puji Ariyanto

Editor              : Marzuki Sinambela