Tangerang Selatan (11/12) – Pada hari Senin, 11 Desember 2023, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) telah melaksanakan pelantikan anggota IPTEK dan Jurnalistik (IPJ) angkatan 2022 yang diadakan bersamaan dengan Apel Senin rutin.  Pelantikan anggota IPJ angkatan 2022 ini merupakan langkah lanjutan setelah melaksanakan pelatihan calon anggota selama kurang lebih sembilan bulan. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 07.30 hingga selesai di Lapangan Apel Besar STMKG. Dengan pembina apel Maman Sudarisman, kegiatan ini diikuti oleh para dosen STMKG, pegawai STMKG, dan taruna/i STMKG.

Maman Sudarisman sebagai pembina apel memberikan amanat

Sumber : Alensa STMKG

Dalam amanatnya, Maman menyampaikan tentang hasil dari kegiatan asesmen lapangan yang diadakan pada Jumat lalu oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) akan keluar dalam beberapa hari. Selain itu, beliau juga mengutarakan bahwa taruna/i STMKG harus lebih meningkatkan lagi kemampuan menulis masing-masing taruna/i STMKG untuk mendorong STMKG menjadi center of excelent. Beliau mengharapkan kemampuan menulis taruna/i STMKG menghasilkan produk berupa tulisan ilmiah yang mampu di-launching ke dalam jurnal sains. Tidak hanya dalam bahasa Indonesia, beliau juga berharap para taruna/i bisa meningkatkan writing skill terkhususnya dalam penulisan jurnal. 

Sejalan dengan hal tersebut, Maman Sudarisman berharap dengan dilantiknya anggota bidang IPJ ini bisa mendorong para taruna/i untuk termotivasi meningkatkan skill kepenulisan. Berbagai produk yang dihasilkan oleh bidang IPJ menunjukkan bahwa potensi besar dalam dunia ilmiah dan jurnalisme sedang tumbuh di antara taruna/i STMKG. Hal ini juga sejalan dengan visi STMKG untuk menjadi lembaga pendidikan yang mampu menghasilkan generasi yang unggul dan berkompeten di bidangnya.

Pelantikan anggota IPJ angkatan 2022

Sumber : Alensa STMKG

Apel Senin diakhiri dengan acara pelantikan anggota IPJ angkatan 2022 dimana Kepala Bidang IPJ, Manda Nurrohman Akuba bersama 4 orang taruna/i anggota IPJ angkatan 2022 mewakili 22 orang anggota lainnya. Dibantu oleh taruna/i yang bertugas, Maman Sudarisman memasang pin IPJ pada taruna/i yang menjadi simbolis pelantikan. Dengan semangat yang terus berkobar, diharapkan anggota IPJ angkatan 2022 akan menjadi pionir dalam mengukir prestasi dan terus berkontribusi dalam dunia ilmiah serta menyebarkan pengetahuan yang bermanfaat kepada masyarakat luas.

Pewarta : Martha Lisauli Rajagukguk

Editor : Alrachmah Wahyuningsih Prasetya dan Marzuki Sinambela