Tangerang Selatan (20/12)—Pada hari Rabu, 20 Desember 2023, Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) menyelenggarakan kegiatan Pelepasan Taruna Tugas Belajar TNI-AU dan TNI-AL di Ruang Rapat STMKG. Acara ini dihadiri oleh berbagai tamu undangan yang berasal dari jajaran pimpinan STMKG, jajaran TNI-AU, dan juga jajaran TNI-AL. Pada tahun ini, STMKG telah mewisuda 5 orang taruna tugas belajar dari TNI-AU dan 1 orang taruna TNI-AL. Keenam wisudawan taruna tugas belajar tersebut memulai pendidikan di STMKG sejak tahun 2019 dan telah berhasil menyelesaikan tugas belajarnya pada tahun 2023 ini.

Foto bersama kegiatan Pelepasan Taruna Tugas Belajar TNI-AU dan TNI-AL

Sumber: Alensa STMKG

Kegiatan ini dihadiri oleh sejumlah pejabat penting termasuk Kepala Sub Dinas Meteorologi Dinas Pengembangan Operasi TNI Angkatan Udara, Kepala Seksi Pendidikan dan Penitipan Dalam Negeri Dinas Pendidikan Angkatan Udara (Kasidikdagri Disdikau), serta Perwakilan dari TNI-AL. Plt. Ketua STMKG beserta beberapa pejabat struktural dan non-struktural STMKG juga turut hadir dalam kegiatan ini sebagai representasi dari pihak STMKG. Kehadiran para pejabat ini semakin menambah makna acara tersebut dalam memberikan penghormatan kepada taruna yang telah menyelesaikan tugas belajar mereka dan menunjukkan dukungan penuh terhadap kerja sama pendidikan antara STMKG dengan TNI-AU dan TNI-AL.

Dalam suasana khidmat, acara dilanjutkan dengan serangkaian sambutan dan penyerahan berkas kelulusan sebagai tanda bahwa taruna tugas belajar telah berhasil menyelesaikan pendidikan di STMKG. Rekan kerja dan para tamu undangan yang hadir turut menyaksikan dengan bangga momen pelepasan ini, yang merupakan tonggak bersejarah dalam perjalanan taruna tugas belajar.

Foto penyerahan berkas kelulusan taruna tugas belajar TNI-AU dan TNI-AL

Sumber : Alensa STMKG

Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG dalam sambutannya menyampaikan harapan agar ke depannya silaturahmi antara STMKG dengan TNI-AU dan TNI-AL dapat terus terjaga. Selain itu, beliau juga sangat terbuka dengan kritik dan saran dari pihak TNI-AU dan TNI-AL untuk STMKG agar ke depannya STMKG dapat berkembang lebih baik. Kasubdismet, Hasibuan juga menyampaikan harapan agar taruna tugas belajar TNI-AU dan TNI-AL yang telah menyelesaikan pendidikan di STMKG dapat mengimplementasikan ilmu pengetahuan yang telah mereka peroleh dalam mendukung tugas-tugas serta pelayanan TNI-AU dan TNI-AL ke depannya.

Kegiatan Pelepasan Taruna Tugas Belajar TNI-AU dan TNI-AL ini tidak hanya sekadar sebagai sebuah seremonial, tetapi juga merupakan tonggak penting dalam upaya membangun kolaborasi antara STMKG dengan TNI-AU dan TNI-AL. Selain itu, harapannya setelah berhasil menyelesaikan pendidikan di STMKG, para taruna tugas belajar dapat mengaplikasikan ilmu dan wawasan mereka untuk kemajuan TNI dan negara. Selamat atas pencapaian taruna tugas belajar TNI-AU dan TNI-AL, semoga akan memperoleh kesuksesan di masa depan. Dengan semangat yang tinggi dan komitmen bersama, kolaborasi antara STMKG dengan TNI-AU dan TNI-AL ini diharapkan akan terus berkembang dan memberikan manfaat yang besar bagi kedua belah pihak.

Pewarta : Aisyah Athiyyah Ashma dan I Putu Putra Wira Sarwa Yudha

Editor : Salsabila Nurul Izzah dan Marzuki Sinambela