Tangerang (01/06)—Pada hari Sabtu, 1 Juni 2024, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) telah melaksanakan Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila. Upacara dilaksanakan di Lapangan Kampus STMKG yang berada di Tanah Tinggi, Tangerang pada pukul 07.30 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh Suko Prayitno Adi selaku inspektur upacara serta jajaran pembina, civitas UPT Stasiun Geofisika Tangerang, dan diikuti oleh seluruh taruna/i STMKG. Upacara ini memperingati  momen bersejarah lahirnya idealisme yang telah mempersatukan bangsa Indonesia yaitu Pancasila, dan bagaimana Pancasila berperan sebagai pembimbing generasi bangsa di era perkembangan teknologi saat ini.

Suko Prayitno Adi selaku inspektur upacara beserta jajaran pembina

Sumber: Alensa STMKG

Dalam amanatnya, Suko Prayitno Adi menyampaikan pidato dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila mengenai pentingnya Pancasila sebagai jiwa pemersatu bangsa menuju Indonesia Emas 2045. Dalam amanat tersebut, disampaikan bahwa rakyat Indonesia harus senantiasa menjiwai dan mengamalkan Pancasila di tengah pesatnya perkembangan teknologi, informasi, dan globalisasi saat ini. Perkembangan ini tentu memberi tantangan tersendiri bagi bangsa Indonesia. Oleh karena itu, nilai – nilai Pancasila diperlukan sebagai pedoman bagi rakyat Indonesia dalam mempertahankan cita – cita bangsa dan mencegah disorientasi di masa depan.

Barisan taruna/i STMKG saat upacara berlangsung

Sumber: Alensa STMKG

Selaras dengan dengan wacana tersebut, STMKG berkomitmen dalam menerapkan sistem pendidikan yang berlandaskan pada Pancasila. Kampus STMKG dengan para taruna/i nya yang berasal dari seluruh daerah Indonesia merupakan wujud nyata dari nilai Bhineka Tunggal Ika yang terkandung dalam Pancasila. Melalui momentum Peringatan Hari Lahir Pancasila ini, STMKG mengajak kepada seluruh civitas academica untuk saling bahu membahu mengamalkan nilai – nilai Pancasila demi terwujudnya Indonesia Emas 2045.

Foto bersama civitas dosen STMKG dan UPT Stasiun Geofisika Tangerang

Sumber: Alensa STMKG

Secara keseluruhan, upacara peringatan ini telah berjalan dengan khidmat dan lancar.  Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila ini menjadi momentum pengingat tentang pentingnya Pancasila dalam kehidupan Bangsa Indonesia.  Harapannya, dengan terlaksananya upacara ini, seluruh civitas academica STMKG dapat memperkuat rasa persatuan dan bekerja sama dalam menjunjung Pancasila sehingga dapat mengantarkan bangsa Indonesia pada kemakmuran di era yang terus berkembang ini.

 

Pewarta: Ni Made Orcidia Wulaning Sari dan Muhammad Arya Bintang Pratama

Editor: Salsabila Nurul Izzah dan Marzuki Sinambela