Tangerang Selatan (04/03)—Senin, 04 Maret 2024 Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) melaksanakan Upacara Awal Bulan dan Pembukaan Semester Genap tahun ajaran 2023/2024. Kegiatan ini dihadiri oleh Ketua STMKG Suko Prayitno Adi selaku Inspektur Upacara, jajaran pembina STMKG, dan taruna/i STMKG. Kegiatan ini menjadi titik awal dimulainya perkuliahan semester genap di STMKG, diiringi dengan acara tambahan berupa pembacaan surat keputusan mengenai regenerasi pejabat Resimen Taruna STMKG.

Dokumentasi Pembina Suko Prayitno Adi selaku inspektur upacara.

Sumber: Alensa STMKG

Suko Prayitno Adi selaku inspektur upacara memberikan amanat penting bagi seluruh taruna/i. Dalam amanatnya, mengingatkan kepada taruna/i bahwa masa-masa ini merupakan awal dari jenjang yang lebih besar nantinya, sehingga taruna/i harus mampu meningkatkan kualitas diri untuk kedepannya. Beliau juga menegaskan betapa pentingnya kedisiplinan sebagai kunci dalam perjalanan menuju kepemimpinan yang berkualitas. Dalam arahannya, beliau mengingatkan bahwa semakin bertambah semester, maka harus semakin tinggi pula tingkat kedisiplinannya. Hal ini tentu bukan hanya sebagai kewajiban pribadi saja, tetapi juga sebagai tanggung jawab untuk menjadi teladan atau contoh bagi adik-adik tingkat yang berada di bawahnya.

Upacara kali ini memiliki nuansa yang sedikit berbeda dari upacara-upacara sebelumnya. Hal ini dikarenakan upacara hanya diikuti oleh Kompi C dan Kompi D saja, sedangkan untuk Kompi B mengikuti kegiatan ini secara dalam jaringan (daring) melalui Zoom Meeting karena sedang melaksanakan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) di stasiun BMKG masing-masing. Selain itu, petugas untuk upacara kali ini sudah dilaksanakan oleh taruna/i tingkat 2 yang termasuk dalam Pelaksana Harian (PLH) dalam program Magang Resimen STMKG. Keterlibatan PLH Magang Resimen ini turut memberikan peluang kepada taruna/i untuk mengasah keterampilan dalam kepemimpinan dan tanggung jawab. 

Dokumentasi peserta upacara awal bulan dan pembukaan semester genap STMKG

Sumber: Alensa STMKG

Secara keseluruhan, pelaksanaan upacara berjalan dengan lancar dan tertib. Upacara Awal Bulan dan Pembukaan Semester Genap sudah seharusnya menjadi langkah awal bagi seluruh taruna/i untuk membuka lembaran baru dalam mengarungi kehidupan di STMKG. Dengan semangat yang tinggi, diharapkan setiap taruna/i dapat memanfaatkan momentum ini untuk tumbuh dan berkembang untuk meraih prestasi gemilang baik di bidang akademik maupun non-akademik di lingkungan STMKG.

Pewarta: Muhammad Zaky Arkananta dan Kadek Valerina Kitana Sanjaya

Editor: Alrachmah Wahyuningsih Prasetya dan Marzuki Sinambela