Tangerang (03/05)—Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (UP2KM-STMKG) menyelenggarakan kegiatan general lecture atau kuliah umum pada Jumat 3 Mei 2024. Kegiatan ini merupakan implementasi dari “freedom to learn” yang membuka kebebasan bagi siapapun untuk saling belajar dan bertukar ilmu. STMKG mendatangkan dua narasumber dari Institute Geology and Geophysics, Chinese Academy of Science (IGGCAS), yaitu Assoc. Prof. Xu Wang dan Assoc. Prof Qiancheng Liu dan dihadiri oleh pejabat struktural, dosen, dan taruna/i di lingkup STMKG.

Sesi foto bersama civitas STMKG dengan pihak IGGCAS pada general lecture Jumat 3 Mei 2024

Sumber : Alensa STMKG

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG. Beliau mengungkapkan rasa terima kasih kepada pihak IGGCAS yang telah bekerja sama dengan BMKG. Beliau juga menyampaikan agar kegiatan seperti ini dapat dimanfaatkan oleh seluruh taruna/i maupun dosen di STMKG sebagai wadah untuk bertukar ilmu pengetahuan di bidang MKGI serta memperkuat jalan bagi STMKG untuk menjalin kerja sama pendidikan dengan pihak internasional.

Pemaparan pertama dibuka oleh Assoc. Prof. Wang Xu dari IGGCAS yang membawakan topik “New Imaging Method for Shallow Crustal Structures and Its Application“. Presentasi ini membagikan informasi tentang bagaimana proses pemodelan struktur kerak dangkal terbaru untuk kepentingan studi lanjutan dan pengaplikasiannya. Presentasi dilanjutkan oleh Assoc. Prof. Liu Qiancheng dengan topik “Full-Wavefrom Tomography Around the Toba Caldera” yang membuka wawasan kepada para peserta tentang proses pemetaan struktur bawah tanah yang ada di sekitar Kaldera Toba, Sumatera Utara beserta dengan hasil dari pemetaan tersebut.

Pemaparan materi oleh Assoc. Prof. Liu Qiancheng tentang pemetaan struktur bawah tanah di Kaldera Toba

Sumber : Alensa STMKG

Pada akhir sesi, diadakan diskusi dan tanya jawab antara peserta dengan narasumber. Para peserta, baik taruna/i maupun dosen, turut berpartisipasi aktif dalam berdiskusi dan bertukar ilmu dalam general lecture kali ini. Harapannya, kegiatan seperti ini menjadi kesempatan bagi segenap civitas STMKG mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang MKGI sesuai dengan prinsip kebebasan dalam belajar atau freedom to learn.

Pewarta : Martha Lisauli Rajagukguk dan Rifat Agus Taufik

Editor : Hanifullah Hafidz dan Marzuki Sinambela