Tangerang Selatan (28/11/2020)- Pada tanggal 28 November 2020, terhitung sudah dua kali komisi V Demustar STMKG mengadakan Sekolah Audit. Sekolah Audit STMKG 2020 diadakan secara daring melalui platform Zoom dikarenakan posisi taruna/i STMKG saat ini tersebar di berbagai tempat di Indonesia. Acara yang mengusung tema ‘Integrasi Laporan Keuangan untuk Sinergi Berkelanjutan’ tersebut dihadiri oleh Bapak Reynhard Syatauw, S.E., beserta jajaran pejabat STMKG, anggota Demustar STMKG, bendahara atau sekretaris organisasi maupun kelas, serta taruna/i STMKG yang berminat mengikuti kegiatan tersebut. Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB dan berakhir pada pukul 11.40 WIB tersebut dihadiri oleh 119 peserta. Terdapat dua pemateri dalam kegiatan tersebut, yaitu taruni Tri Rizki Muksida selaku Ketua Komisi V Demustar STMKG periode 2020/2021 dan taruni Siti Aisyah Ritonga, S.Tr., selaku Ketua Komisi V Demustar STMKG periode 2018/2019.

Pembukaan sekolah audit STMKG 2020 melalui platform Zoom

Pembukaan sekolah audit STMKG 2020 melalui platform Zoom

Pemaparan materi pertama disampaikan oleh taruni Tri Rizki Muksida. Materi yang disampaikan meliputi tugas dan fungsi komisi V Demustar STMKG, tujuan audit keuangan, mekanisme dalam proses audit keuangan, serta cara membuat laporan pertanggungjawaban keuangan yang benar. Setelah itu, dilanjutkan pemaparan materi kedua yang disampaikan oleh taruni Siti Aisyah Ritonga, S.Tr., yang menjelaskan terkait milestone pembentukan audit di STMKG, pentingnya audit keuangan, serta proses audit keuangan. Penyampaian materi tersebut berlangsung secara interaktif antara pembicara dan peserta dimana pada setiap materi di selingi oleh beberapa permainan seperti peserta dapat menggambarkan perasaannya pada layar presentasi, mengisi pertanyaan di laman Menti, memberikan tanggapan suatu gambar, memainkan peran sebagai auditor dan auditi, serta menjawab kuis pada Kahoot di akhir materi.

Agenda selanjutnya diisi dengan sesi diskusi dimana para peserta dapat memberikan pertanyaan terkait materi yang sudah diterima. Menariknya, bukan hanya taruna/i STMKG tetapi beberapa jajaran pejabat STMKG juga turut serta memberikan tanggapan, pertanyaan, maupun saran pada kegiatan tersebut. Selain mendapatkan ilmu yang bermanfaat terkait audit keuangan, beberapa peserta yang beruntung juga mendapatkan hadiah. Hadiah tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu pemenang kuis Kahoot sebanyak tiga orang dan predikat penanya terbaik sebanyak dua orang. Sesi diskusi sekaligus menutup jalannya acara Sekolah Audit STMKG 2020. kegiatan ditutup oleh moderator, yaitu taruni Ranti Kurniati dan master of ceremony, yaitu taruni Ariantika.

Pengumuman juara pada kuis Kahoot

Pengumuman juara pada kuis Kahoot

Penyelenggaraan Sekolah Audit STMKG 2020 berjalan dengan lancar dan mendapatkan respon positif, baik dari taruna/i STMKG maupun jajaran pejabat STMKG. Ketua Pelaksana Sekolah Audit STMKG 2020, taruna Aji Pangestu berharap kegiatan tersebut dapat memberikan ilmu yang bermanfaat terkait audit keuangan kepada para peserta. Bapak Reynhard Syatauw, S.E., juga berharap kepada komisi V Demustar agar kedepannya bukan hanya mengaudit keuangan, tetapi juga inventaris yang dimiliki berbagai organisasi maupun bidang di STMKG.(MRD/BPS)