Tangerang (04/06)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) menerima kunjungan dari siswa/i SMAN 1 Patokbeusi Subang pada hari Selasa, 4 Juni 2024. Kepala Sekolah SMAN 1 Patokbeusi Subang, Wawan Hermansyah, bersama dengan 400 siswa/i serta jajaran guru turut hadir dalam acara tersebut. Kunjungan ini juga dihadiri oleh Plt. Ketua STMKG, Suko Prayitno Adi, beserta dosen dan pembina yang ada di STMKG. Tujuan dari kunjungan ini adalah untuk memperkenalkan siswa/i SMA 1 Patokbeusi Subang mengenai kehidupan taruna/i di kampus STMKG, sekaligus sebagai motivasi dan inspirasi untuk melanjutkan jenjang pendidikan lanjut ke STMKG.

Foto bersama SMAN 1 Patokbeusi dengan taruna STMKG

Sumber: Alensa STMKG

Bertempat di lobi utama lantai 2 STMKG, kegiatan ini diawali dengan sambutan oleh Wawan Hermansyah selaku Kepala Sekolah SMAN 1 Patokbeusi Subang. Beliau menyatakan rasa terima kasihnya kepada STMKG atas kesempatan yang diberikan kepada para siswanya untuk berkunjung dan mendapatkan wawasan baru tentang program studi yang ada di STMKG. Beliau juga berharap kunjungan ini dapat menjalin kerjasama antara STMKG dan SMAN 1 Patokbeusi Subang untuk kedepannya. Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG turut menyambut baik atas upaya kerjasama tersebut. Beliau dalam sambutannya juga menambahkan bahwa STMKG berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas layanannya kepada masyarakat, termasuk melalui kerjasama dengan sekolah maupun perguruan tinggi di seluruh Indonesia. 

 

Penyerahan plakat dari STMKG ke SMAN 1 Patokbeusi Subang

Sumber: Alensa STMKG

Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai pengenalan dari masing-masing program studi yang ada di STMKG. Pemaparan tersebut dibawakan oleh masing-masing Kaprodi mulai dari Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, hingga Instrumentasi. Pemaparan ini bertujuan untuk memberikan wawasan yang lebih mendalam mengenai setiap program studi yang ditawarkan, termasuk kurikulum, prospek karir, serta prestasi dari taruna/i STMKG. Selain itu, terdapat juga pemaparan singkat seputar Penerimaan Taruna Baru (PTB) tahun 2024/2025 yang disampaikan oleh Puji Ariyanto selaku Pembantu Ketua III STMKG. Dalam penyampaiannya, Puji Ariyanto menjelaskan tentang persyaratan dan tahapan seleksi yang harus dilalui oleh para calon taruna/i STMKG.

Setelah sesi pemaparan, para siswa/i SMAN 1 Patokbeusi Subang diajak berkeliling kampus oleh taruna/i STMKG untuk melihat langsung fasilitas-fasilitas yang ada di STMKG, seperti kantin, laboratorium, dan juga ruang-ruang kelas. Para siswa/i tampak antusias saat mengikuti kegiatan kunjungan tersebut. Selain itu, mereka juga mendapatkan kesempatan untuk berdiskusi dan melakukan tanya jawab dengan beberapa taruna/i serta dosen STMKG. Melalui interaksi ini, siswa/i SMAN 1 Patokbeusi Subang diharapkan dapat memperoleh gambaran yang lebih jelas mengenai lingkungan akademis di STMKG. Kegiatan kunjungan ini kemudian diakhiri dengan sesi foto bersama di lobi lantai 1 STMKG.

Secara keseluruhan, kunjungan dari SMAN 1 Patokbeusi Subang ini berlangsung dengan lancar dari awal hingga berakhirnya acara. Para siswa/i juga memberi kesan yang positif atas dilaksanakannya kunjungan ini. Kegiatan ini menjadi bukti bahwa STMKG turut berkontribusi dalam rangka meningkatkan kualitas pendidikan dan melahirkan generasi muda yang unggul di bidang Meteorologi, Klimatologi, Geofisika, dan Instrumentasi (MKGI). Kedepannya, kegiatan ini diharapkan dapat terus berlanjut melalui kerjasama yang lebih erat antara kedua institusi. 

 

Pewarta: Muhammad Zaky Arkananta dan Ahmad Meijlan Yasir

Editor: I Putu Putra Wira Sarwa Yudha dan Marzuki Sinambela