Tangerang (26/04)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) mengadakanSeminar Internasional bertema “The Front Guard of Intergenerational Climate Action”. Kegiatan ini dilaksanakan pada Jumat 26 April 2024 di Ruang Kuliah Umum 1 Kampus STMKG. Bertempat di Jalan Meteorologi Nomor 5 Tanah Tinggi, Kota Tangerang. Kegiatan ini terbagi menjadi dua sesi yaitu luring dan daring mulai dari pukul 08.00 WIB hingga pukul 15.50 WIB. Kegiatan ini dihadiri oleh para Taruna/i dan dosen STMKG, serta perwakilan Stasiun BMKG di daerah. Adapun pembicara pada kegiatan ini berasal dari luar negeri, yaitu Jia Yuh Yu dari National Central University dan Xu Chenxi dari IGGCAS. Seminar ini bertujuan  untuk mengedukasi para taruna/i serta dosen STMKG tentang berbagai solusi dalam menghadapi permasalahan iklim antar generasi saat ini.

Sambutan Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG pada International Seminar World’s Meteorology Days-74

Sumber: Alensa STMKG

Seminar ini diawali dengan sambutan pembukaan dari Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG. Dalam sambutannya, beliau mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada para peserta dan pembicara yang sudah bersedia menghadiri dan mengisi seminar seminar ini. Beliau juga menyampaikan harapannya, yaitu menjadikan seminar ini wadah bagi Taruna/i maupun dosen di STMKG untuk saling meningkatkan dan berbagi pengetahuan mengenai bidang MKG serta isu – isu iklim saat ini.

Sesi pertama diisi dengan pemaparan materi oleh Jia Yuh Yu dari National Central University mengenai “Climate Dynamics in Tropical Region”, dimana selanjutnya diisi oleh Xu Chenxi dari IGGCAS dengan materi “ Asian-Australian summer monsoons linkage to ENSO strengthened by global warming”. Selain pembicara dari luar negeri, materi juga diisi oleh para dosen dari STMKG yaitu Yahya Darmawan, Agustina Rachmawardani, Dimas Salomo J. Sianipar, dan Agung Hari Saputra. Mereka membawakan materi berupa hasil dari studi yang telah mereka lakukan. Setelah sesi pemaparan materi selesai, sesi pertama diakhiri dengan diskusi dan jeda istirahat.

Sesi kedua dimulai setelah berakhirnya jeda istirahat. Pada sesi kedua terdapat pemaparan materi oleh para taruna/i STMKG yaitu Muhammad Aulia Zikri, Rayhan Irfan Hielmy, Putri Chairuniza, dan Rangga Tandiais Rizki. Materi yang dibawakan oleh mereka juga merupakan hasil dari studi yang mereka lakukan sendiri. Sesi materi kemudian dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan diakhiri dengan sambutan penutup serta foto bersama.

Sesi foto bersama jajaran dosen STMKG pada  International Seminar World’s Meteorology Days-74

Sumber: Alensa STMKG

Secara keseluruhan, seminar internasional bertema “The Front Guard of Intergenerational Climate Action” yang diadakan oleh STMKG ini telah berjalan dengan lancar dan baik. Para peserta, baik taruna/i maupun dosen, turut aktif dalam berpartisipasi serta mengisi jalannya seminar. Harapannya, kegiatan seminar internasional ini dapat menjadi sebuah kesempatan bagi segenap civitas STMKG untuk meningkatkan pengetahuan mengenai isu serta solusi dalam permasalahan iklim antar generasi. Dengan demikian, kedepannya perkembangan yang lebih maju dalam bidang MKG untuk menanggulangi isu – isu tersebut dapat direalisasikan.

Pewarta : Ni Made Orcidia Wulaning Sari dan Rafli Iqbal Taufiqi

Editor : I Putu Putra Wira Sarwa Yudha dan Marzuki Sinambela