Tangerang Selatan (22/12)—Pada hari Jumat, 22 Desember 2023, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) telah menggelar Upacara Peringatan Hari Ibu yang diadakan bersamaan dengan Apel Penutupan liburan Natal dan Tahun Baru di Lapangan Apel Besar STMKG. Kegiatan ini dimulai pada pukul 07.30 WIB, dengan Suko Prayitno Adi selaku Inspektur Upacara dan dihadiri oleh jajaran pembina serta seluruh taruna/i STMKG. Upacara Peringatan Hari Ibu tahun ini memperingati jasa perempuan secara menyeluruh, tidak hanya sebagai ibu atau istri, tetapi juga sebagai warga negara Indonesia yang independen dan berkontribusi dalam pembangunan bangsa.

Taruni STMKG sebagai komandan upacara.

Sumber : Multimedia Resimen STMKG

Upacara Hari Ibu kali ini, seperti upacara lainnya, diawali dengan pengibaran Bendera Merah Putih yang selanjutnya diikuti oleh amanat inspektur upacara dengan tambahan khusus berupa pembacaan UUD 1945 dan sejarah singkat Hari Ibu. Namun, pada pelaksanaan upacara ini terdapat perbedaan yang mencolok, di mana dalam pelaksanaannya, setiap petugas upacara maupun komandan barisan digantikan oleh para taruni STMKG. Hal ini dikhususkan pada setiap pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ibu di STMKG, sebagai bentuk penekanan atas kemampuan dan kesetaraan perempuan dalam menjalankan tugas dengan signifikansi tinggi yang biasanya diemban oleh laki-laki .

Suko Prayitno Adi selaku inspektur upacara, menyampaikan pesan dari Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak mengenai esensi dan harapan dalam peringatan Hari Ibu. Dalam pesan tersebut beliau menyampaikan bahwa Hari Ibu tidak hanya memperingati jasa perempuan sebagai seorang ibu atau istri, tetapi juga sebagai warga negara Indonesia dan mitra yang sejajar dengan laki-laki dalam pembangunan bangsa di masa yang akan datang. Selain itu, beliau juga menjelaskan harapan kedepannya agar perempuan Indonesia dapat terus menumbuhkan kualitas dan kapabilitas diri guna meningkatkan kesejahteraan hidup mereka, karena dengan berdayanya perempuan Indonesia maka bangsa Indonesia akan menjadi bangsa yang lebih maju.

Pembina Suko Prayitno Adi selaku inspektur upacara.

Sumber : Alensa STMKG

Secara keseluruhan, upacara telah berjalan dengan khidmat dan lancar. Para taruni STMKG yang berperan sebagai petugas upacara telah memberikan performa yang baik dalam menjalankan tugasnya. Harapannya, pelaksanaan Upacara Peringatan Hari Ibu ini dapat menjadi momentum untuk mengingat jasa para perempuan dalam membangun bangsa Indonesia baik di masa lalu maupun di masa depan serta menjadi pendorong bagi taruni STMKG untuk menumbuhkan kualitas dan kemampuan diri guna membawa kampus STMKG menuju masa depan yang lebih gemilang sebagai Center of Excellence.

Pewarta : Ni Made Orcidia Wulaning Sari dan Qisthi Mursyida

Editor    : Joseph Damian Cekarus dan Marzuki Sinambela