Tangerang Selatan (23/04) – Pemilu Raya (Pemira) STMKG tahun ini dilaksanakan pada hari Jumat, 23 April 2021 secara daring. Pemira dilakukan dengan sistem voting menggunakan Google Form untuk menentukan calon komandan resimen (cadanmen) terpilih. Pengumuman cadanmen terpilih dilakukan melalui platform Zoom yang terhubung dengan live streaming Youtube.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) STMKG 2021, Taruna Smith Loyd Hasiholan Pakpahan menyampaikan bahwa secara umum tahapan Pemira tahun ini masih sama dengan tahun lalu, yaitu seleksi berkas, verifikasi berkas, voting angkatan, fit and proper test dengan BPH demustar, resimen, dan pembina STMKG, masa kampanye, debat terbuka, serta Pemira. Hal yang membuat pemira tahun ini sedikit berbeda, yaitu adanya masa kampanye dan dibentuknya tim sukses tiap cadanmen yang bertujuan untuk lebih memeriahkan acara Pemira dan bukan untuk memecah belah berbagai pihak atau memprematur hasil Pemira.

KPU STMKG 2021 memiliki target utama, yaitu untuk meningkatkan jumlah partisipasi taruna/i STMKG yang mengikuti voting saat Pemira dan menggalakkan pelaksanaan kampanye layaknya pemilu pada umumnya untuk menurunkan angka golput. Karena masa kampanye secara terbuka baru diadakan pada Pemira tahun ini, maka masih perlu penyesuaian untuk seluruh civitas academica STMKG.

Setelah melalui beberapa tahapan seleksi, akhirnya terpilih tiga cadanmen STMKG. Berikut tiga cadanmen yang terpilih:

No. Urut Nama Kelas
1 Nur Irfan Wicaksono Klimatologi 6
2 Azwar Makarim Aldimasqie Meteorologi 6A
3 Ahmadi Musa Geofisika 6

 

Voting saat Pemira dilaksanakan melalui platform Google Form dan dibagi menjadi 3 sesi:

Sesi Waktu Keterangan
I 08.00 – 09.30 WIB Untuk taruna/i angkatan 2017
II 09.30 – 11.00 WIB Untuk taruna/i angkatan 2018
  11.00 – 12.30 WIB Laporan bagi taruna/i yang mengalami kendala pada sesi I dan II
III 12.30 – 14.00 WIB Untuk taruna/i angkatan 2019
  14.00 – 15.00 WIB Laporan bagi taruna/i yang mengalami kendala pada sesi III

 

Pengumuman rekapitulasi hasil pemungutan suara dilaksanakan pada pukul 16.00 WIB melalui kanal Zoom dan terhubung dengan siaran langsung di akun Youtube Demustar STMKG. Acara tersebut dipandu oleh Taruni Ariantika dan Taruna M. Najib Syahmi Muqtadir. Beberapa tamu undangan yang turut serta hadir, yaitu Bapak Dr. I Nyoman Sukanta, S.Si., M.T., selaku Ketua STMKG dan beberapa pembina STMKG, seperti Bapak Dr. Munawar Ali M.Sc., Ibu Pandu Kharisma Sari Sugiyanto, S.Psi, M.M., serta Bapak Anton Widodo S.Si., Kemudian Taruna M. Izharu Asatiril Mudhilin selaku Komandan Resimen Taruna STMKG periode 2020/2021, Taruna Wandes Gumamven selaku Ketua Dewan Musyawarah Taruna STMKG periode 2020/2021, serta tiga besar calon komandan resimen taruna STMKG periode 2021/2022. Beberapa taruna/i STMKG juga turut menghadiri acara ini, baik yang melalui Zoom maupun siaran langsung di Youtube Demustar STMKG.

Taruna Smith Loyd Hasiholan Pakpahan menyampaikan bahwa pemira kali ini berhasil menghimpun hingga 95%. Hal tersebut merupakan suatu pencapaian yang sangat baik jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Ucapan terima kasih ia sampaikan kepada semua orang yang sudah turut menyukseskan Pemira tahun 2021 ini. Acara kemudian dilanjutkan dengan pengumuman hasil voting cadanmen periode 2021/2022 oleh Taruna M. Hanif Zarkasi. Hasil rekapitulasi dari 712 suara yang masuk menyatakan suara terbanyak didapatkan oleh cadanmen nomor urut 3, yaitu Taruna Ahmadi Musa dengan total perolehan 306 suara. Berikut perolehan suara masing-masing cadanmen:

Hasil Perolehan Suara Pemilu Raya Komandan Resimen 2020/2021. Credit : KPU STMKG 2021

Hasil Perolehan Suara Pemilu Raya Komandan Resimen 2020/2021. Credit : KPU STMKG 2021

Komandan Resimen terpilih, Taruna Ahmadi Musa menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua taruna/i STMKG atas dukungan dan kepercayaan yang diberikan kepadanya untuk mengemban tugas sebagai Komandan Resimen taruna STMKG periode 2021/2022. Ia juga mengharapkan kerja sama dari semua pihak internal STMKG untuk membangun kampus STMKG dari yang sudah baik menjadi lebih baik lagi kedepannya.  Dalam wawancara yang dilakukan setelah acara pengumuman rekapitulasi hasil suara Pemira, ia berharap Resimen Taruna dapat menjadi jembatan penghubung yang baik antara taruna dan pembina STMKG serta mampu membantu mendidik karakter taruna/i menjadi lebih baik dengan output, yaitu keseimbangan dalam segi kecerdasan intelektual, emosional, dan rohani. Selain itu, ia juga berharap taruna/i mampu menoreh banyak penghargaan yang mengharumkan nama STMKG, baik dari segi akademik maupun non akademik, sehingga STMKG dapat lebih dikenal lagi oleh masyarakat luas. Pada periode kepengurusannya nanti ia ingin memberikan pondasi dan membuka jalan ke arah perubahan yang lebih baik untuk resimen di periode selanjutnya.

Ada tujuh program kerja unggulannya yang dibagi menjadi program jangka pendek dan jangka panjang, yaitu:

Program kerja unggulan jangka pendek:

  1. Menyortir event yang sudah pasti akan terjadi sedari awal dan mempersiapkannya sedari awal.
  2. Menyelaraskan dan mengkomunikasikan arah tujuan dan pemikiran terutama dalam pola pendidikan/pembinaan taruna/i STMKG kedepannya.
  3. Menyesuaikan dan menetapkan pola adaptasi baru pada masa transisi yaitu dari daring ke luring untuk taruna/i STMKG.

Program kerja unggulan jangka panjang :

  1. Pembuatan buku panduan menjadi taruna/i STMKG yang baik.
  2. Memfasilitasi dan lebih memperhatikan kesiapan taruna/i dalam ajang OPTK.
  3. Membudayakan kebiasaan minta maaf, tolong, dan terima kasih di kalangan taruna/i STMKG.
  4. Melanjutkan program keluarga asuh dengan lebih efektif.

Pada akhir acara, Bapak  Dr. I Nyoman Sukanta, S.Si., M.T., mengucapkan selamat kepada Komandan Resimen terpilih serta berharap agar ia dapat melaksanakan visi dan misinya dengan lancar. Beliau juga menyampaikan akan mendukung program kerja yang sudah disampaikan supaya bisa membawa STMKG menjadi lebih baik lagi kedepannya dan meminta untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan pihak luar supaya STMKG dapat  lebih dikenal lagi. Semoga dengan adanya Pemira ini dapat menjadi ajang untuk menjaga rasa cinta demokrasi taruna/i STMKG. Semoga komandan resimen STMKG periode 2021/2022, Taruna Ahmadi Musa dapat melaksanakan tugas dengan baik dan dengan penuh rasa tanggung jawab agar dapat mewujudkan STMKG menjadi Center of Excellence. (ICE/E_N25)