Tangerang (25/03)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) meresmikan Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI, tepatnya di Jalan Meteorologi Nomor 5, Tanah Tinggi, Kota Tangerang, Banten, pada Senin 25 Maret 2024. Kegiatan ini dilaksanakan pada sore hari menjelang berbuka puasa dengan dihadiri oleh berbagai pihak, mulai dari seluruh civitas BMKG, pejabat pemerintahan Kota Tangerang, petinggi Tentara Nasional Indonesia, hingga elemen masyarakat sekitar. Turut serta hadir petinggi Politeknik Imigrasi dan Politeknik Ilmu Permasyarakatan sebagai kampus kedinasan yang menjadi tetangga dengan Gedung Pendidikan STMKG yang baru.

Sambutan Kepala BMKG pada peresmian Gedung Pendidikan dan laboratorium MKGI STMKG

Sumber: Alensa STMKG

Peresmian Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI dimulai dengan penyambutan para tamu undangan oleh Marching Band Bahana STMKG dan Pasukan Khusus STMKG. Acara dilanjutkan dengan berbagai sambutan oleh para pejabat terkait, mulai dari Plt. Ketua STMKG, Pj. Walikota Tangerang, hingga Kepala BMKG. Dwikorita Karnawati, selaku Kepala BMKG, menyampaikan rasa bangga dan rasa terima kasih yang amat kepada seluruh pihak ikut andil dalam pembangunan gedung yang super megah tersebut. Beliau menyampaikan bahwa pembangunan kampus baru STMKG sudah lama menjadi mimpi yang hampir mustahil untuk digapai. Namun dengan segala kerja keras dan kerja cerdas yang telah dicurahkan, akhirnya pembangunan gedung tersebut dapat terealisasi hingga resmi untuk ditempati hingga sekarang ini.

Kepala BMKG melakukan pemotongan tali sebagai simbolisme peresmian

Sumber: Alensa STMKG

Kegiatan dilanjutkan dengan peresmian secara simbolisme melalui march oleh para tamu undangan dengan diiringi oleh Marching Band Bahana menuju pintu masuk utama kampus. Simbolisme peresmian dilakukan dengan pemotongan tali, penandatangan prasasti, dan pembunyian sirine oleh Kepala BMKG dan didampingi oleh beberapa pihak terkait. Sembari menunggu berbuka puasa, kegiatan dilanjutkan dengan siraman kalbu dan room tour gedung pendidikan oleh Kepala BMKG. Tampak bahwa di tiap sisi gedung memberikan kesan yang canggih sekaligus ramah terhadap lingkungan karena menerapkan prinsip smart and green technology. Hal ini menjadi perhatian utama oleh para tamu ketika mengunjungi tiap ruangannya. Berkumandangnya azan magrib menandai masuk waktu berbuka puasa dan berakhirnya kegiatan peresmian ini.

Wujud Gedung Pendidikan STMKG yang baru

Sumber: Alensa STMKG

Peresmian Gedung Pendidikan dan Laboratorium MKGI STMKG ini menjadi titik transisi dari kampus sebelumnya menuju kampus baru yang sekarang. Transisi menuju pembaruan ini diharapkan akan memantik semangat yang baru dalam berkembang menuju inovasi. Selain sebagai titik transisi, peresmian ini sekaligus menjadi titik kulminasi dari segala usaha yang dilakukan oleh STMKG dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan sains di bidang MKGI. Melalui peresmian gedung pendidikan dan laboratorium MKGI di Kota Tangerang ini, diharapkan dapat memberi pengaruh yang luas bagi berbagai elemen masyarakat. Selain itu, diharapkan kualitas sumber daya manusia BMKG dapat menjadi lebih berkualitas sehingga mampu menghasilkan inovasi-inovasi yang berguna dan mampu berdaya saing global menuju STMKG Center of Excellence.

Pewarta: Fachrur Surya Amanna dan Kadek Valerina Kitana Sanjaya

Editor : Alrachmah Wahyuningsih Prasetya dan Marzuki Sinambela