Tangerang Selatan, (07/12) – Taruna/i Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Taruna yang pertama kalinya dilaksanakan di STMKG. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk jiwa-jiwa kepemimpinan para taruna serta memberikan bekal kepengurusan organisasi agar dapat menunjang kinerja dalam menjalankan program kerja yang telah ada.

Latihan Dasar Kepemimpinan Taruna dilaksanakan selama 2 minggu berturut-turut. Pertama dilaksanakan oleh para pengurus Resimen Korps Taruna STMKG, diadakan selama 3 hari 2 malam di daerah Puncak Bogor mulai Jumat, 29 November – Minggu, 1 Desember 2019. Tema yang diambil dalam kegiatan ini adalah “Self-improving with integrity to build synergy” yang memiliki tujuan untuk mengembangkan kemampuan diri dengan integritas sehingga terbentuk sinergi dari para taruna.

Pembukaan LDK secara simbolis oleh ibu Pudji Setjiani, M. Si.

Kegiatan LDK dibuka secara simbolis oleh ibu Pudji Setiani, M.Si. selaku Kepala Bagian Administarsi Akademik Umum dan Ketarunaan STMKG di hari pertama. Selanjutnya para taruna diberikan materi tentang leadership oleh pembicara Dinar A. Hadi, STP., M.Sc. dengan tema “Peran Generasi Millenial dalam Meneruskan Tongkat Estafet Bangsa”, dengan harapan para taruna dapat mamahami seberapa besar peran para pemuda Indonesia bagi Bangsa dan Negara. Selanjutnya dilanjutkan dengan materi management dengan tema “Organisasi dan SWOT Analysis”. Para taruna diajarkan tentang bagaimana cara mengelola sebuah organisasi dengan metode SWOT.

Penyerahan kenang-kenangan kepada Bapak Dinar A. Hadi, STP., M.Sc., oleh Taruna M. Fajri selaku Komandan Resimen Korps Taruna STMKG

Pada hari kedua LDK kegiatan dimulai dengan outbound dan games yang melatih jiwa kerjasama para taruna. Kegiatan dilanjutkan dengan materi dari para pembina STMKG tentang “Kepemimpinan Transformatif dan Budaya Kerja Organisasi”, yang dilanjutkan dengan sesi refleksi dan motivasi dari kakak Anrio Marfizal, “Refleksi Diri Cerminan Hati”. Pada malam harinya dilaksanakan Malam Keakraban dari para taruna serta pembina STMKG, yang mana diadakan juga diskusi ringan dengan Bapak Dr. I Nyoman Sukanta, S.Si., M.T. selaku Ketua Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika.

Kegiatan LDK sesi kedua

Sesi kedua kegiatan LDK dilaksanakan oleh para calon pengurus resimen periode selanjutnya yang diadakan di Kampus STMKG pada hari Minggu, 7 Desember 2019. Materi pertama diberikan oleh bapak Dzikrullah Akbar S.Si., M.Sc. Beliau memberikan sharing dan diskusi tentang Organisasi dan Kepemimpinan. Materi kedua diberikan oleh bapak Reynhard Syataw, S.E.  tentang “Budaya Kerja Organisasi”. Setelah istirahat makan siang, para taruna diberikan materi terakhir dengan tema kepemimpinan dari bapak Dr. I Nyoman Sukanta, S.Si., M.T.

Dengan dilaksanakannya kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan ini diharapkan para taruna/i STMKG mampu meningkatkan jiwa kepemimpinan, kemampuan, serta kinerja dalam kepengurusan organisasi, sehingga taruna/i STMKG dapat memajukan kampus STMKG ke arah yang lebih baik. (DM)