Tangerang Selatan (31/01)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) melaksanakan kegiatan penyematan calon taruna (catar) Angkatan 2023 pada Selasa, 30 Januari 2024. Penyematan ini dilakukan dengan tujuan sebagai perjalanan awal catar angkatan 2023 untuk menjadi seorang taruna setelah menempuh pendidikan selama satu semester di STMKG. Kegiatan ini dilakukan selama satu hari penuh dan bertempat di Depo Pendidikan Latihan dan Pertempuran Resimen Induk (Dodiklatpur) Rindam Jaya Bogor. Delapan puluh peserta mengikuti seluruh rangkaian kegiatan penyematan ini dengan didampingi oleh pembina dari STMKG dan pelatih dari pihak Dodiklatpur.

Pelatih TNI memberikan pengarahan terkait hiking 

Sumber: Panitia Penyematan

Kegiatan diawali dengan upacara pembukaan yang diikuti oleh seluruh peserta beserta seluruh panitia. Muhammad Dzaki Mufrih Rofi, selaku Inspektur Upacara, memberikan amanatnya dalam upacara tersebut. Walaupun hujan sedang mengalir begitu derasnya, Dzaki dengan semangatnya yang membara berpesan agar para catar dapat selalu mengobarkan semangatnya dari awal hingga akhir rangkaian kegiatan. Acara kemudian dilanjutkan dengan hiking dan jungle track yang dipimpin langsung oleh pelatih dari TNI. Banyaknya rintangan, halangan, dan jalur yang harus ditempuh oleh catar menjadi saksi bahwa mereka layak untuk menjadi seorang taruna. 

Hiking dan jungle track belum menjadi penanda berakhirnya kegiatan penyematan. Catar harus mengikuti beberapa serangkaian acara selanjutnya. Catar diarahkan untuk mencari mut mereka yang telah disebar di area tertentu. Hal tersebut dilakukan sebagai simbolisme dalam mencari jati diri mereka sebagai seorang taruna dan wujud tanggung jawab atribut yang akan mereka kenakan. Meskipun guyuran hujan terus menemani serangkaian proses penyematan, hal tersebut tak meruntuhkan semangat para catar untuk mengikuti kegiatan penyematan hingga akhir. Penyematan kemudian diakhiri dengan upacara penutupan sekaligus penyematan seragam kepada seluruh peserta. Maman Sudarisman sebagai inspektur upacara, memberikan ucapan selamat kepada seluruh peserta. Beliau menyampaikan rasa bangga dan berpesan agar catar dapat selalu menjaga semangat setelah dilantik menjadi taruna nantinya. Rasa haru, bangga, dan bahagia turut menyelimuti suasana saat catar diberikan waktu untuk mengabarkan orang tua mereka bahwa telah berhasil menyelesaikan rangkaian acara penyematan. 

Penyematan atribut oleh Maman Sudarisman kepada perwakilan catar 

Sumber: Panitia Penyematan

Perlu dipahami bahwa penyematan bukan merupakan sebuah akhir, namun sejatinya merupakan sebuah awal. Serangkaian kegiatan yang berhasil dilalui oleh seluruh catar menjadi bukti bahwa mereka layak menjadi seorang taruna. Hal ini membuka lebar pintu potensi bagi para catar yang telah disemat untuk dapat berkiprah sebagai seorang taruna yang sesungguhnya. Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi pemantik semangat dalam menjadi pribadi taruna sebelum dilantik secara resmi nantinya.

Pewarta: Fachrur Surya Amanna dan Aisyah Athiyyah Ashma

Editor: Alrachmah Wahyuningsih Prasetya dan Marzuki Sinambela