Tangerang (20/05)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) melaksanakan Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 yang mengusung tema “Kebangkitan Kedua Menuju Indonesia Emas”. Kegiatan ini dilaksanakan secara langsung  di Lapangan Kampus STMKG Tanah Tinggi pada Senin, 20 Mei 2024. Upacara ini dihadiri oleh Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG yang bertugas sebagai inspektur upacara, pembina STMKG, civitas UPT Stasiun Geofisika Tangerang, dan diikuti oleh seluruh taruna/i STMKG.

Sambutan Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG

Sumber: Alensa STMKG

Dalam amanatnya, Suko Prayitno Adi menyampaikan sambutan dari Menteri Komunikasi dan Informatika RI mengenai kebangkitan kedua bangsa Indonesia di era digital untuk mendukung Indonesia Emas 2024. Dimana dalam sambutanya, beliau menyampaikan bahwa Indonesia sekarang berada pada fase kebangkitan kedua yang melanjutkan semangat juang para pendiri bangsa yang telah memancangkan dasar-dasar kebangkitan pertama. Teknologi dengan segala kemajuannya, kini hadir dalam setiap aspek kehidupan, mendorong transformasi peradaban secara revolusioner yang sekaligus menjadi tantangan dan peluang di masa kebangkitan kedua ini untuk mencapai Indonesia Emas 2024.

Para peserta upacara Harkitnas ke-116 di Lapangan Kampus STMKG

Sumber: Alensa STMKG

Sejalan dengan peluang kebangkitan kedua Indonesia di era digital ini, STMKG berkomitmen dalam mendukung transformasi pendidikan berbasis teknologi dalam dunia pendidikan. Melalui Kampus STMKG yang baru menjadi bukti konkret komitmen STMKG dalam peningkatan pemanfaatan teknologi untuk menunjang pembelajaran dan kualitas pendidikan di lingkungan STMKG. Selain itu, pemanfaatan teknologi di lingkungan STMKG juga merupakan salah satu moto STMKG untuk mencapai insan BMKG yang berwawasan global serta menuju STMKG sebagai Center of Excellence dalam mencapai Indonesia Emas 2024.

Secara keseluruhan, Upacara Hari Kebangkitan Nasional ke-116 ini berjalan dengan khidmat dan lancar. Melalui serangkaian kegiatan ini, diharapkan civitas STMKG mampu memperkuat karakter dan menjadi garda terdepan dalam melahirkan generasi muda yang berdaya saing global dan berjiwa Pancasila. Dengan tekad yang kuat, maka STMKG dapat menjadi pusat inovasi dan pengembangan teknologi dalam bidang MKGI untuk menuju Indonesia Emas 2045.

Pewarta: Muhizzadin Abdul Adzan dan Rafi Iqbal Taufiqi

Editor: Salsabila Nurul Izzah dan Marzuki Sinambela