Tangerang (07/06)—Pada hari Kamis, 6 Juni 2024, Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) laksanakan kolaborasi dengan Pusat Pendidikan dan Pelatihan BMKG untuk memberikan pelatihan Numerical Weather Prediction (NWP) the Plug-N-Run NWP Tool (PN-Tools) khususnya model model Weather Research Forecasting (WRF) dan Data Assimilation (DA) yang berlangsung selama dua hari. Pemateri diberikan oleh Dr. Kyung Jeen PARK, ilmuwan yang meneliti di World Meteorological Organization (WMO). Pelatihan ini diikuti oleh taruna/i STMKG, dosen, dan staf BMKG secara langsung di kampus STMKG.

Kegiatan hari pertama diawali dengan sambutan yang diberikan oleh Suko Prayitno Adi dan Nelly Florida Riama. Dalam sambutannya, Suko Prayitno Adi dan Nelly Florida Riama mengharapkan dengan adanya pelatihan ini taruna/i akan dapat lebih memahami mengenai NWP dan dapat menyalurkan ilmu yang didapatkan untuk BMKG ke depannya. Suko juga mengharapkan kolaborasi ini bisa terjalin kembali ke depannya karena kegiatan pelatihan seperti ini sangat bermanfaat bagi para taruna/i.

Pembukaan kegiatan pelatihan NWP the Plug-N-Run NWP Tool (PN-Tools)

Sumber : IPJ STMKG

Dr. Kyung Jeen PARK pada hari pertama membuka kegiatan dengan menjelaskan mengenai pengenalan sistem Weather Research and Forecasting (WRF), cara penggunaan PN-Tool untuk operasi Numerical Weather Prediction (NWP), dan real-time forecasting menggunakan sistem WRF. Selain itu, beliau juga memberikan gambaran umum mengenai pentingnya akurasi dalam prakiraan cuaca serta bagaimana sistem WRF dapat membantu meningkatkan prediksi cuaca dengan memanfaatkan data-data meteorologi terbaru. Pada hari kedua, pelatihan dilanjutkan dengan asimilasi data menggunakan beberapa metode statistika, hingga cara membuat Nested Domain yang memungkinkan prakiraan cuaca lebih detail di area yang lebih kecil. Dr. PARK juga menekankan pentingnya validasi data dan pengujian model untuk memastikan hasil prediksi yang lebih akurat dan dapat diandalkan.

Foto bersama seluruh peserta pelatihan dengan Dr. Kyung Jeen PARK 

Sumber: IPJ STMKG

Sepanjang kegiatan, taruna/i antusias bertanya seputar pelatihan yang diberikan. Di sisi lain, para dosen ikut berpartisipasi memberikan pertanyaan yang membuat pelatihan NWP semakin menarik. Dengan adanya kegiatan pelatihan ini, diharapkan dapat memberikan kontribusi positif dalam pemahaman para taruna/i STMKG, sehingga siap dalam menjalankan tugas sebagai meteorologis ketika sudah bekerja di BMKG. Hal tersebut sekaligus memperkuat kerja sama dengan keilmuan dengan pihak  WMO.

 

Pewarta : I Dewa Gede Loka Maheswara dan Muhammad Aulia Zikri

Editor : Alrachmah Wahyuningsih Prasetya dan Marzuki Sinambela