Semarang (31/05)—Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (STMKG) resmi membuka kegiatan Kuliah Kerja Nyata dan Pengabdian Kepada Masyarakat (KKN-PKM) Angkatan VI pada Jumat, 31 Mei 2024 pukul 09.00 WIB. Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui kanal Zoom Meeting yang dihadiri oleh Plt. Ketua STMKG, Dosen dan Pejabat STMKG, taruna/i Semester VI, serta turut mengundang Kepala Balai Besar/Stasiun/UPT BMKG dan Perangkat Desa Lokasi KKN-PKM STMKG. KKN-PKM Angkatan VI yang mengusung tema “Peningkatan Literasi Meteorologi Klimatologi Geofisika dan Instrumentasi Untuk Mendukung Produktivitas Masyarakat di Indonesia” berlangsung pada 1 Juni – 15 Juli 2024.

Dokumentasi kegiatan Pembukaan Pelaksanaan KKN-PKM

Sumber: Dokumentasi Pribadi

Suko Prayitno Adi selaku Plt. Ketua STMKG dalam kegiatan pembukaan pelaksanaan KKN-PKM menyampaikan ucapan terima kasih kepada Kepala Balai, Kepala UPT, Perangkat Desa, dan pihak-pihak terkait yang telah berkenan menerima taruna/i STMKG dalam melaksanakan KKN. Beliau juga berpesan kepada taruna/i untuk senantiasa memberikan upaya yang maksimal dalam mengabdi dan memberikan pemahaman kepada masyarakat agar lebih aware dengan bencana hidrometeorologi. Pembukaan kegiatan KKN-PKM ini adalah tahap awal sebelum taruna/i STMKG mulai melakukan pengabdian kepada masyarakat secara nyata.

Dokumentasi taruna/i KKN Unit 10 bersama perangkat desa

Sumber: Dokumentasi pribadi

Dalam pelaksanaan KKN-PKM ini, taruna/i Semester VI terbagi ke dalam 17 unit dengan lokasi yang berbeda dan didampingi oleh Dosen Pembimbing Lapangan (DPL) dan Dosen PKM. Meskipun diselenggarakan secara online, kegiatan pembukaan pelaksanaan KKN-PKM Angkatan VI juga diiringi dengan kegiatan kunjungan dan pembukaan bersama oleh beberapa unit KKN ke perangkat desa. Dalam salah satu kunjungannya, taruna/i KKN Unit 13 Semarang dan Unit 10 Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) mengadakan pertemuan dan silaturahmi dengan perangkat desa di lokasi KKN, sebelum memulai rangkaian program kerja KKN pada 1 Juni 2024 mendatang. 

Dokumentasi taruna/i KKN Unit 13 bersama perangkat desa

Sumber: Dokumentasi pribadi

Seiring dengan resmi dibukanya kegiatan pelaksanaan KKN-PKM Angkatan VI STMKG Tahun 2024 ini menjadi penanda awal bagi taruna/i untuk dapat memberikan bantuan kepada masyarakat dan menggali pengalaman dalam mengenal lebih dekat masyarakat secara mendalam, sehingga ketika bekerja di BMKG nantinya dapat memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Harapannya, kegiatan KKN-PKM dapat berjalan dengan lancar dan mewujudkan tujuan dari kegiatan untuk dapat meningkatkan literasi MKGI untuk mendukung produktivitas masyarakat setempat.

Pewarta : Alrachmah Wahyuningsih Prasetya

Editor    : Joseph Damian Cekarus dan Marzuki Sinambela