Jakarta Pusat (11/04)—Peringatan Nuzulul Qur’an yang digelar oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) berlangsung pada hari Selasa, 11 April 2023 pukul 19.00 WIB. Berlokasi di Gedung Auditorium BMKG, kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid, sehingga dapat disaksikan melalui laman Youtube Masjid Ardhussalaam BMKG. Dalam Peringatan Nuzulul Qur’an kali ini turut hadir Kepala BMKG, jajaran unit kerja BMKG, dan taruna/i STMKG.

Sambutan oleh Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. sebagai pembuka kegiatan

Sumber: instagram dwikoritakarnawati

Acara dibuka dengan sambutan dari Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. selaku Kepala BMKG. Dalam sambutannya, beliau mewakili keluarga besar BMKG memberikan ucapan terima kasih kepada Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA. yang telah berkenan memberikan siraman rohani mengenai penerapan nilai Al-Qur’an dalam kehidupan. Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan pelaksanaan salat isya berjamaah. Selanjutnya merupakan acara inti, yaitu siraman rohani yang disampaikan oleh Imam Besar Masjid Istiqlal, yakni Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA. Melalui ceramahnya, beliau mengangkat tema “Aktualisasi Akhlak Al-Qur’an bagi ASN BMKG di Era Digital” yang mengandung pesan bahwa dalam menjadi seorang pemimpin dapat meneladani sifat Nabi, yaitu amanah, fathonah, shiddiq, dan tablig.

Prof. Ir. Dwikorita Karnawati, M.Sc., Ph.D. bersama Prof. Dr. KH Nasaruddin Umar, MA setelah selesai kegiatan

Sumber: instagram dwikoritakarnawati

Secara keseluruhan, kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an berjalan dengan lancar dan mendapat antusiasme yang tinggi dari taruna/i STMKG. Taruna Arif Nurrokhim dalam wawancaranya mengungkapkan ucapan terima kasih kepada BMKG dan seluruh pihak yang telah terlibat dalam kegiatan ini. Sejalan dengan hal tersebut, Taruna Hanif Ardyansyah turut menyampaikan harapannya kepada taruna/i STMKG yang telah berpartisipasi agar dapat mengambil pesan yang baik pada kegiatan hari ini.

Kegiatan kerohanian dalam masa bulan Ramadan perlu untuk ditingkatkan demi mempertebal keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT. Bulan Ramadan 1444 Hijriah menjadi momentum yang sangat tepat untuk meningkatkan semangat berbagi dan peduli sesama antar keluarga besar BMKG dan taruna/i STMKG. Harapannya, dengan terlaksananya kegiatan Peringatan Nuzulul Qur’an ini dapat mempererat sinergi dan jalinan silaturahmi antara BMKG dan STMKG.

Pewarta : Alrachmah Wahyuningsih Prasetya dan Rachmad Nuzulul Ramadhani

Editor : Joseph Damian Cekarus dan Marzuki Sinambela