Laporan peserta sosialisasi kepada koordinator pelaksana kegiatan

Laporan peserta sosialisasi kepada koordinator pelaksana kegiatan. sumber : Alensa STMKG

Tangerang Selatan (11/06) – Sekolah Tinggi Meteorologi Klimatologi dan Geofisika telah memulai kegiatan pertemuan tatap muka (PTM) terbatas sejak tanggal 23 Mei 2022. Berbagai langkah adaptasi telah dilakukan agar kegiatan belajar serta ketarunaan di STMKG bisa berjalan dengan baik dan lancar. Salah satu upaya yang telah dilakukan adalah dengan melaksanakan Sosialisasi Ketarunaan kepada taruna/i STMKG. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Sabtu, 11 Juni 2022 di lapangan apel besar STMKG.

Kegiatan ini dilaksanakan sebagai bagian langkah transisi STMKG dari sistem perkuliahan jarak jauh (PJJ) ke sistem PTM terbatas. Dengan dilaksanakannya PTM terbatas ini, maka seluruh taruna/i—yang sebelumnya belajar dari rumah masing-masing—kini harus kembali ke lingkungan kampus dan berbaur dengan masyarakat di sekitarnya. Oleh karena itu, perlu diadakan Sosialisasi Ketarunaan.

Sasaran penyelenggaraan Sosialisasi Ketarunaan bagi taruna/i STMKG adalah untuk membentuk kembali sikap, fisik, dan moral taruna/i STMKG. Taruna Yazid Berlianul Abid selaku koordinator kegiatan menyampaikan poin-poin penting dalam meningkatkan sifat dan kualitas dari taruna/i STMKG, yaitu taruna/i harus memiliki sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama, baik kepada warga, dosen, pegawai, serta antar angkatan. Taruna Yazid Berlianul Abid juga menekankan bahwa dengan telah dimulainya masa jabatan Resimen dan Demustar di pundak angkatan 2019, mereka harus bisa meningkatkan rasa tanggung jawab dan kepedulian kepada STMKG.

Sesi diskusi tentang materi sosialisasi

Sesi diskusi tentang materi sosialisasi. sumber : Alensa STMKG

Sosialisasi Ketarunaan dimulai dengan penyampaian materi mengenai tata tertib, sikap, dan kedisiplinan yang harus dipatuhi taruna/i, baik di lingkungan kampus maupun di masyarakat. Kegiatan dilanjutkan dengan olahraga bersama oleh peserta sosialisasi di lapangan apel dalam rangka melatih fisik para taruna/i. Sebagai penutup kegiatan, dilakukan sesi diskusi mengenai hal-hal yang telah disosialisasikan di awal kegiatan. Seluruh rangkaian kegiatan berlangsung dengan lancar dan tertib.

Pewarta: Handi Sutriyan dan Mohammad Dimashq Maulana