Jakarta, 12/08/2022. Sekolah Tinggi Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (STMKG) gelar workshop akreditasi di Hotel Swiss Bell, Pondok Indah, Jakarta Selatan. 

Dokumentasi bersama peserta kegiatan workshop akreditasi

Dokumentasi bersama peserta kegiatan workshop akreditasi

Ketua STMKG, Dr. I Nyoman Sukanta dalam sambutannya menjelaskan, STMKG saat ini memiliki 4 program studi yaitu Program Studi Meteorologi, Program Studi Klimatologi, Program Studi Geofisika dan Program Studi Instrumentasi. Pentingnya akreditasi Institusi dan peningkatan akreditasi program studi akan memberikan dampak yang besar bagi pihak kampus sebagai bukti kualitas pendidikan yang disediakan. Jika berhasil mendapatkan akreditasi yang tinggi maka menjadi bukti kuat bahwa kampus tersebut memang berkualitas, untuk itu diperlukan proses percepatan dan peningkatan akreditasi untuk menuju STMKG center of excellence, sebut Nyoman.

Kegiatan workshop akreditasi baik institusi dan program studi di civitas STMKG perlu dilakukan dan ditingkatkan, untuk itu STMKG melakukan workshop akreditasi untuk memberikan pemahaman yang mendalam bagi civitas STMKG dalam rangka pengenalan sejumlah kriteria instrumen baru terkait akreditasi. Akreditasi menjadi upaya STMKG menjamin mutu suatu lembaga pendidikan oleh lembaga yang independen, angka akreditasi menjadi bukti bahwa kegiatan pendidikan dan pengajaran sudah sesuai dengan standar jaminan mutu, ungkap Kepala Bagian Administrasi Akademik dan Ketarunaan, Dr. Munawar.

Sementara, Kepala Unit Penjaminan Mutu, Relly Margiono, M.Phill sebagai pelaksana kegiatan workshop akreditasi menjelaskan ada sejumlah poin penting yang terkait dengan proses akreditasi diantaranya adalah akreditasi harus didasarkan pada prinsip dan tata nilai yang mendorong terjadinya proses perubahan, perbaikan dan peningkatan mutu secara berkelanjutan. Relly menambahkan kegiatan ini berlangsung 11 s/d 14 Agustus 2022, dengan pesertanya berasal dari Ketua dan Sekretaris Program Studi Meteorologi, Klimatologi, Geofisika dan Instrumentasi, Unit Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat (UP2KM), Sub Bidang Akademik, Sub Bidang Administrasi Ketarunaan dan Kerjasama, Pembantu Ketua III serta Tim Keuangan. Untuk proses percepatan akreditasi STMKG mengundang LKPT Akreditasi Perguruan Tinggi, Lembaga Akreditasi Mandiri Sains Alam dan Ilmu Formal (LAMSAMA), dan Lembaga Akreditasi Mandiri Teknik (LAM Teknik) sebagai narasumber untuk memberikan pemahaman mendalam untuk proses penyiapan dokumen akreditasi.

Output kegiatan workshop akreditasi ini dilakukan untuk menyempurnakan laporan evaluasi perguruan tinggi dan laporan evaluasi diri Perguruan Tinggi. STMKG.

 

Pewarta: Muchamad Risqy Nugraha

Editor: Marzuki Sinambela